Bab 1: Pendahuluan
Bab 1 berfungsi sebagai pintu awal untuk memahami pemrograman berorientasi objek dengan Java.
Pada bagian ini, pengguna diperkenalkan dengan berbagai paradigma pemrograman serta alasan mengapa paradigma berorientasi objek banyak digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.
Selain itu, pengguna juga akan mengenal bahasa pemrograman Java, mulai dari sejarah, aturan penulisan kode, hingga struktur dasar yang membentuk program.
Bab ini juga menjelaskan cara kerja Java dalam menjalankan program melalui proses kompilasi dan eksekusi menggunakan Java Virtual Machine (JVM).
Dengan memahami dasar-dasar ini, pengguna akan memperoleh fondasi yang kokoh untuk mempelajari konsep-konsep lanjutan di bab berikutnya.
Sub-Bab Materi:
- Paradigma Pemrograman Berorientasi Objek
- Mengenal Java dan Syntax Dasar Java
- Bagaimana Java Menjalankan Program?
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari Bab 1 Pendahuluan, Peserta Didik diharapkan mampu:
-
Memahami konsep dasar dan Sejarah Pemrograman Berorientasi Objek dengan baik (C1)
-
Membuat kode program sederhana dengan menerapkan aturan penulisan kode (Syntax) dengan tepat (C3)
-
Memahami proses eksekusi program java dari penulisan kode sumber hingga dijalankannya bytecode oleh JVM dengan jelas (C2)
Bab 2: Class dan Object
Pada Bab 2 ini, pengguna akan mulai memahami bagaimana sebuah program dibangun dengan berorientasikan pada penggunaan objek-objek nyata maupun abstrak menggunakan class sebagai template atau kerangkanya.
Peserta akan mempelajari bahwa class adalah kerangka yang mendefinisikan atribut dan method, sedangkan objek adalah perwujudan dari class tersebut yang dapat digunakan dalam program.
Dengan contoh sederhana seperti "Mobil", peserta dapat melihat bagaimana atribut seperti warna dan kecepatan serta metode seperti hidupkanMesin() bekerja dalam suatu objek.
Selain itu, peserta juga akan memahami struktur dasar pembuatan method, bagaimana cara mendefinisikan, memberikan parameter, hingga mengembalikan nilai melalui return atau kembalian.
Bab ini menjadi dasar penting sebelum mempelajari konsep-konsep PBO lanjutan seperti enkapsulias, pewarisan, dan lain sebagainya.
Sub-Bab Materi:
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari Bab 2 Class dan Object, Peserta Didik diharapkan mampu:
-
Mendefinisikan Class dan Object dalam Java beserta peranannya dalam Pemrograman Berorientasi Objek dengan baik (C1)
-
Menyusun kode program sederhana untuk membuat class, object, dan method hingga berhasil (C3)
Bab 3: Acces Modifier dan Package
Pelajari bagaimana cara mengatur tingkat akses dalam pemrograman berorientasi objek menggunakan Java.
Materi ini membahas konsep Access Modifier (default, public, private, protected) beserta penerapannya dalam class, atribut, dan method.
Dengan memahami topik ini, pengguna dapat menulis kode yang lebih terstruktur, aman, dan sesuai prinsip enkapsulasi.
Materi juga dilengkapi dengan contoh kode dan penjelasan penggunaan dalam konteks package serta pewarisan (inheritance).
Sub-Bab Materi:
- Acces Modifier
- Package dan Import
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari Bab 3 Acces Modifier dan Package, Peserta Didik diharapkan mampu:
-
Mengidentifikasi empat jenis acces modifier (public, private, protected, dan default) dalam Java dengan tepat (C1)
-
Menerapkan acces modifier yang sesuai dalam kode program Java untuk mengontrol akses anggota class sesuai dengan kebutuhan program (C3)
-
Memahami konsep package dan Import dalam tata cara pengunaan program sederhana dengan sintaks yang benar (C2)
Bab 4: Enkapsulasi
Pelajari pilar penting dalam pemrograman berorientasi objek yaitu Enkapsulasi, Setter & Getter, Abstraksi, dan Interface.
Materi ini membahas bagaimana melindungi data dengan enkapsulasi, mengelola akses atribut melalui metode setter dan getter,
serta memahami konsep abstraksi dan interface untuk menyusun kode yang lebih rapi, aman, dan mudah dikembangkan. Dengan contoh kode nyata dan analogi sederhana,
pengguna akan lebih mudah memahami bagaimana konsep ini diterapkan dalam program Java.
Sub-Bab Materi:
- Mengenal Konsep Enkapsulasi
- Method Setter dan Getter
- Abstraksi dan Interface
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari Bab 4 Enkapsulasi, Peserta Didik diharapkan mampu:
-
Memahami konsep enkapsulasi dan penerapannya dalam Java dengan benar menggunakan istilah yang tepat (C2)
-
Mengimplementasikan method setter dan getter pada atribut private di sebuah kelas Java hingga program berhasil dijalankan (C3)
-
Memahami konsep dan penerapan Abstraksi dan Interface dalam Java dengan baik dan sesuai (C2)
Bab 5: Pewarisan
Pelajari konsep pewarisan (inheritance) dalam pemrograman berorientasi objek dengan Java.
Materi ini membahas bagaimana sebuah class dapat mewarisi atribut dan method dari class lain, perbedaan antara superclass dan subclass,
serta cara menggunakan keyword super. Dengan pemahaman ini, pengguna dapat menulis kode yang lebih efisien, terstruktur, dan mudah dikembangkan melalui penerapan reuse dan konsistensi.
Sub-Bab Materi:
- Pengenalan Konsep Pewarisan
- Pengenalan Superclass dan Subclass
- Abstraksi dan Interface
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari Bab 5 Peawrisan, Peserta Didik diharapkan mampu:
-
Menjelaskan konsep pewarisan dan penerapannya dalam Java dengan benar menggunakan istilah yang tepat (C2)
-
Memahami konsep superclass dan subclass dalam program Java dengan benar dan tepat (C2)
-
Menggunakan superclass dan subclass dalam program Java untuk membangun sebuah program sederhana dengan sintaks yang dan berhasil dijalankan (C3)
Bab 6: Polimorfisme
Pelajari konsep polymorphism dalam Java, yaitu kemampuan class atau method untuk memiliki banyak bentuk meskipun namanya sama.
Materi ini membahas dua jenis polymorphism, yaitu static polymorphism melalui method overloading dan dynamic polymorphism melalui method overriding.
Dengan pemahaman ini, pengguna dapat menulis kode yang lebih fleksibel, mudah diperluas, dan sesuai dengan prinsip pemrograman berorientasi objek.
Sub-Bab Materi:
- Pengenalan Konsep Polymorphism
- Method Overriding dan Overloading
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari Bab 6 Polymorphism, Peserta Didik diharapkan mampu:
-
Menjelaskan konsep polimorfisme dan penerapannya dalam Java dengan benar menggunakan istilah yang tepat (C2)
-
Membedakan method overriding dan overloading dalam Java dengan tepat (C2)
-
Menerapkan method overriding dan overloading dalam kode program Java sederhana sehingga program dapat dijalankan tanpa error (C3)