J-OOP Learning

Petunjuk Penggunaan J-OOP Learning untuk Tamu (Guest)

J-OOP Learning adalah media pembelajaran interaktif berbasis web yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami konsep Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) menggunakan bahasa pemrograman Java.

Sebagai tamu (guest), kamu hanya bisa mengakses halaman-halaman yang tersedia pada navigasi di atas.

Pada J-OOP Learning pembuatan akun pengguna sepenuhnya dikelola oleh Admin. Hanya Admin yang memiliki hak untuk membuat akun Pendidik maupun Peserta Didik. Dengan demikian, setiap pengguna baru tidak dapat melakukan registrasi secara mandiri, melainkan harus menunggu akun dibuatkan oleh Admin agar dapat mengakses fitur pembelajaran sesuai perannya.

J-OOP Learning menyediakan fitur-fitur utama yang dirancang untuk mendukung proses belajar peserta didik secara bertahap, interaktif, dan terstruktur. Pembelajaran dimulai dari halaman beranda yang menampilkan ringkasan perkembangan belajar pengguna, seperti progres bab, skor kuis, dan status penyelesaian materi.

Pada halaman materi, pembelajaran disajikan menggunakan metode tutorial dengan sistem kunci. Setiap bab dilengkapi kuis yang harus mencapai nilai KKM sebelum pengguna dapat melanjutkan ke bab berikutnya. Jika nilai belum memenuhi standar, pengguna harus mengulang kuis hingga berhasil.

Setiap materi juga menyediakan contoh kode program yang dapat langsung dicoba melalui editor kode interaktif hasil embed dari Trinket. Fitur ini mendorong peserta didik untuk menuliskan ulang dan memahami struktur program secara langsung.

Pada subbab terakhir setiap bab, pengguna akan menemukan berbagai latihan, termasuk soal studi kasus yang mengharuskan mereka menuliskan kode program sendiri. Untuk membantu proses belajar, tersedia AI Code Correction berbasis API Groq/Model LLM yang memberikan umpan balik terkait kesalahan pada kode program pengguna.

Setelah semua materi diselesaikan, pengguna akan mengerjakan evaluasi akhir untuk mengukur pemahaman secara keseluruhan. Jika seluruh rangkaian pembelajaran telah tuntas, sistem akan menampilkan halaman akhir (end page) berisi rapor perkembangan belajar serta modul pembelajaran dalam bentuk PDF yang dapat diunduh sebagai dokumentasi.

Petunjuk penggunaan pada halaman beranda:

  1. Navigasi: Menu navigasi terletak di bagian atas halaman (navbar). Dari sini, pengguna dapat berpindah ke berbagai fitur utama seperti Beranda, Daftar Materi, Java Run, Informasi, dan Petunjuk Penggunaan sesuai dengan hak aksesnya.

  2. Tombol Masuk: Tombol ini digunakan oleh pengguna yang sudah memiliki akun untuk melakukan login. Setelah berhasil masuk, sistem akan menyesuaikan tampilan dan fitur sesuai dengan peran pengguna (Admin, Guru, atau Peserta Didik).

  3. Tombol Mulai Belajar: Tombol ini mengarahkan peserta didik langsung ke materi pembelajaran yang telah disusun secara bertahap. Dengan menekan tombol ini, peserta didik akan diarahkan ke halaman materi pertama atau ke materi terakhir yang sudah pernah diakses.

  4. Tombol Lihat Daftar Materi: Tombol ini menampilkan seluruh daftar materi yang tersedia dalam J-OOP Learning. Pengguna dapat memilih materi tertentu untuk dipelajari. Bagi peserta didik, materi hanya dapat diakses secara berurutan sesuai ketentuan KKM, sedangkan tamu dapat melihat semua materi tanpa penyimpanan progres.

Halaman Daftar Materi memuat informasi lengkap mengenai setiap bab yang tersedia dalam J-OOP Learning. Pada halaman ini, pengguna dapat melihat penjelasan singkat tentang hal-hal yang akan dipelajari pada setiap bab, beserta daftar sub-bab materi yang menyusunnya. Selain itu, setiap bab juga dilengkapi dengan tujuan pembelajaran, sehingga pengguna dapat memahami kompetensi apa yang akan dicapai sebelum memulai pembelajaran.

Halaman Java Run berfungsi sebagai tempat untuk menguji dan menjalankan kode Java secara langsung menggunakan editor bawaan dari J-OOP Learning yang terintegrasi dengan Trinket.

Untuk mencoba kode yang sudah tersedia, pengguna perlu menekan tombol Run terlebih dahulu. Setelah itu, hasil eksekusi program akan muncul di area output yang ada di samping editor.

Selain menjalankan kode yang sudah disediakan, pengguna juga dapat melakukan perubahan pada kode di dalam editor. Dengan begitu, peserta didik bisa langsung berlatih, melihat hasil percobaan, dan memahami bagaimana setiap perubahan pada kode Java memengaruhi output program.

Halaman Informasi berisi penjelasan umum mengenai latar belakang pengembangan website J-OOP Learning. Pada bagian ini, pengguna dapat memahami tujuan utama dari media pembelajaran ini, yaitu membantu peserta didik dalam mempelajari konsep Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) menggunakan bahasa Java.

Selain itu, halaman ini juga menampilkan Biodata Pengembang yang memuat identitas pribadi, kontak, dan media sosial, sehingga pengguna dapat mengetahui siapa pengembang dari website ini.

Pada bagian Informasi Akademik, ditampilkan data terkait program studi, fakultas, universitas, dosen pembimbing, serta judul tugas akhir yang menjadi dasar pengembangan website ini. Dengan begitu, halaman ini juga berfungsi sebagai bentuk transparansi dan pertanggungjawaban akademik.